Kamis, 01 November 2012

Bidang Spesialisasi Akuntansi


Assalamu’alaikum ^^
Accounting Lovers, masih dalam tema Dasar-Dasar Akuntansi, kali ini saya akan mempostingkan apa saja Bidang-Bidang Spesialisasi Akuntansi :)
Ternyata tidak hanya dokter yang mempunyai bidang spesialis, akuntansi pun juga memiliki bidang-bidang khusus yang mempunyai fungsi dan bagian masing-masing. Mengapa demikian ??
Hal ini dikarenakan perkembangan dunia usaha yang semakin pesat sehingga timbul masalah-masalah yang lebih komplek yang harus dihadapi oleh  para manajemen. Untuk itu, pada bidang-bidang tertentu dibutuhkan penanganan khusus. Bidang-bidang tersebut yaitu :
1.     Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
Disebut juga Akuntansi umum atau General Accounting. akuntansi yang tujuan utamanya mengelola data transksi keuangan menjadi laporan keuangan untuk diinformasikan pada pihak-pihak di lar perusahaan

2.    Akuntansi Manajemen (Management Accounting) adalah akuntansi yang tujuannya menyediakan informasi untuk pihak manajemen perusahaan sebagai dasar menjalankan tugas perencanaan, pengawasan, dan kebijakan yang harus diambil.

3.    Akuntansi Pemeriksaan (Auditing) adalah akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan independent terhadap catatan akuntansi pendukung laporan keuangan perusahaan dan memberikan pendapat mengenai kelayakan dan keandalan laporan keuangan-keuangan.

4.    Akuntansi Biaya (Cost Accounting) adalah bidang akuntansi yang tujuan utamanya menyediakan data yang diperlukan untuk penetapan dan pengendalian biaya. Ruang lingkup akuntansi biaya yaitu pencatatan sampai pelaporan biaya selama proses produksi dan kerja pokok barang yang diproduksi.


5.    Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting) adalah bidang akuntansi tujuan utamanya menyiapkan laporan keuangan yang diperlukan untuk menetapkan pajak yang dibebankan oleh perusahaan.

6.    Akuntansi Anggaran (Budgeting) adalah bidang akuntansi yang tujuan utamanya menyusun rencana keuangan dalam suatu perusahaan untuk periode tertentu, pada saat yang akan datang dan membandingkan hasil operasi kegiatan dengan rencana yang telah ditentukan.

7.    Akuntansi Pemerintah (Government Accounting) adalah akuntansi yang mengkhususkan dalam pencatatan dan pelaporan data keuangan yang terjadi pada badan-badan pemerintah.

8.    Sistem Akuntansi (Accounting System) adalah akuntansi yang mengkhususkan pada penetapan prosedur dan pengendalian data keuangan sehingga proses pencatatan akuntansi dapat berjalan dengan cepat, efektif dan efisien.

Nah itulah teman-teman, spesialisasi bidang dalam akuntansi :)
Seperti yang sudah dijelaskan di awal, semua bidang mempunyai fungsi masing-masing. Tertarik yang mana ?? hehehe :D

Hanya ulasan singkat yang dapat saya berikan
Semoga bermanfaat untuk kita semua ^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar