Kuitansi (Receipt)


Assalamu’alaikum .. ^^
Hola Accounting Lovers :D
Hujan badai panas terik harus tetap semangat belajar yes >>> :D
And now, mari berkenalan lebih jauh tentang macam-macam bukti transaksi. To the point, kita mulai dari KUITANSI.
Tulisannya yang bener KWITANSI, KUITANSI apa KUWITANSI ?? Hahaha .. *tanyakan pada guru Bahasa Indonesia saja ya* ^.^v
Okay, This is it, KUITANSI
Saya yakin teman-teman sudah pernah atau bahkan sering mendengar istilah KUITANSI. Atau malah sudah bisa membuat KUITANSI sendiri ? waw :D
KUITANSI memang tergolong bukti transaksi yang paling sering digunakan setelah struk dan nota. Pengertian KUITANSI secara umum yaitu bukti transaksi penerimaan uang untuk pembayaran sesuatu. Oleh karena itu kuitansi dibuat dan ditandatangani oleh pihak yang menerima uang dan diserahkan kepada pihak yang melakukan pembayaran. Kuitansi biasanya terdapat dua bagian, yang pertama sering kita sebut Bonggol / Sus Kuitansi dan yang kedua merupakan bagian yang akan diberikan kepada pihak yang membayar. Bonggol / sus kuitansi inilah yang akan menjadi arsip pihak penerima uang. Atau pihak penerima bisa juga membuat bukti baru seperti Bukti Penerimaan Kas (tergantung kebijakan perusahaan).
Bagi pihak pembayar, kuitansi merupakan Bukti transaksi ekstern yang akan dicatat dalam jurnal jika memenuhi keabsahan fisik dan kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan.
Sebelum melakukan pencatatan, kita harus menganalisis secara cepat mengenai keabsahan suatu kuitansi. Kuitansi yang baik dan benar harus mencakup elemen-elemen seperti nomor, tanggal pembayaran, keterangan transaksi, kalkulasi nilai uang, identitas penerima dan pembayar, serta nama terang atau cap tanda lunas.
Berikut dapat dilihat contoh kuitansi yang memuat elemen-elemen tersebut di atas :

Comments

  1. Kriteria-kriteria tsb dasarnya dari mana ya?

    ReplyDelete
  2. Berdasarkan pengetahuan yang saya dapat dari guru dan analisis kuitansi secara langsung
    jika ada kekeliruan, mohon saya diingatkan :) terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment