DIBALIK KODE 030

Nyatanya, orang bijak itu bukan yang jago bikin quotes, tapi ..
Orang bijak, taat pajak.
Gimana mau taat, kalo paham aja enggak
hmmmmmmmm..... 
 
Banyak jalan menuju Roma, banyak jalan juga untuk memperoleh rejeki. Salah satu rejekinya negara ya dari penerimaan pajak. Sesuai dengan peribahasa di kalimat pertama postingan ini, banyak peraturan yang dibikin sama negara untuk menghimpun rejeki (pajak) sebanyak-banyaknya. Begitulah. Sebagai salah satu manusia yang pernah dibiayai negara (yo'i, saya ini alumni mahasiswa bidikmisi), merasa punya hutang yang gatau harus dibayar pake apa. Anggep aja ini salah satu jalan rezeki saya untuk memudahkan negara dalam memperoleh rejekinya juga. Bingung nggak? Hahaha.

Tempat belajar paling mutakhir dan tempat mengaplikasikan ilmu paling mujarab itu memang di dunia kerja rek. Sudah lebih dari satu tahun saya berkecimpung dengan proses bisnis bagian keuangan di salah satu BUMN. Ngurus apa aja sih? Ya duit, yang ngga ada wujudnya hahaha. Yang paling bikin puyeng sebebnernya adalah pajak. Kenapa puyeng? Karena perlu pake ilmu ngga bisa seenaknya. Emang yang lain gapake ilmu? Ya pake, tapi kan hehehehehe. Kalo pajak, semua sudah tertulis jelas di peraturan-peraturan yang dibikin pemerintah. Satu Indonesia sama, jadi seharusnya objektif gitu, gak boleh beda-beda perlakuannya.

Pertama kali bersentuhan sama pajak, saat ngurus tagihan dari vendor. Jadi kenal sama yang namanya Faktur Pajak, Bukti Potong, SSP, NPWP, NTPN, PBK dan banyak teman-temannya yang lain. Sedih rek, dulu pas pelajaran pajak kenapa ngga ada satu pun yang nyantol. Dulu aja bingung perlakuan PPh sama PPN, astaga sekarang jadi makanan sehari-hari.

Challenge pertama kala itu, bedain kapan vendor harus menerbitkan Faktur Pajak kode 030 dan 010. Gampang banget mah kalo udah paham. Btw, saya kerja di salah satu BUMN ya. Jadi menurut PMK nomor 136/PMK.03/2012 (yang barusan saya googling), BUMN termasuk WAPU (wajib pungut) dalam transaksi perpajakan. Jadi, bagi rekan-rekan yang bertransaksi dengan BUMN, kewajiban memungut, menyetor dan melapor itu ada di BUMNnya, pihak rekanan tinggal nerbitin faktur doang. Ini kalo transaksinya Faktur Pajak dari rekanan sebagai FP Keluaran ya (BUMN sebagai pembeli).

Berarti semua rekanan yang kerja sama dengan BUMN bakal selalu nerbitin Faktur Pajak kode 030?
Weits, diliat dulu nominal transaksinya berapa. Untuk nominal diatas 10juta Rupiah, kode fakturnya memang kudu 030, wajib fardu a'in. Nah kalo nominal dibawah sepuluh juta, rekanan terbitin faktur pajak kode 010, as always ya, ini BUMN sudah tidak berkewajiban sebagai Wapu kalo kodenya 010. Nominal yang dimaksud ini nomial NET ya, jadi 10juta sudah include PPN.

Simple banget ya peraturannya :))
Simple dipermukaan, nyatanya segala jenis peraturan memang menarik untuk dilanggar, hahaha, jangan ditiruuuw.

Dibalik sebuah kewajiban, pasti ada konsekuensi kalo kita lalai. Sama seperti peraturan kode 030 ini. BUMN sudah diminta sebagai Wapu, otomatis bakal dapet sanksi or denda (aku juga kurnag paham) kalo terlambat memungut, terlambat setor atau terlambat lapor. Saya ngga ngalamin langsung sih rasanya dapet surat ketetapan denda, tapi yang jelas ada itu dendanya. Kalo tidak salah, 2% dari jumlah PPN yang terlambat tadi untuk tiap satu bulan keterlambatan. Nah, kalo telatnya 12 bulan ya wassalam. Begitu mafren. Kalo PPNnya cuma cepek mah ga terlalu kerasa ya, tapi biasanya transaksi 030 kan gedhe-gedhe tuh, serem kalo dikali 2% hiks, kalo tombok ya nggak jadi gajian, hahaha, kasian.

Jadi ngga se-sepele itu yah administrasi Faktur Pajak. Baik rekanan maupun pihak BUMNnya juga harus paham. Dan nggak brenti sampe disitu, konsekuensi juga dialami sama rekanan kami. Pukpuk yang sabar ya, demi negara.

Awalnya sih saya gak ngerti juga gimaa konsekuensi dari sisi rekanan. Saya kira yang terbebani cuma BUMN doang, nyatanya tidak sodara-sodara hahaha. Pernah suatu kali saya didatengin saya salah seorang rekanan dan do'i gak sendiri, ngajakin konsultan pajaknya. OH MY GOD. Deg-degan ga sih, tapi musti stay cool biar bagus. Kami berdiskusi cukup alot, karena sejujurnya peraturan 030 ini seperti dua mata pisau. Entah akan mengenai siapa nantinya, ada yang harus mengalah.

Sebagai pihak yang wajib menerbitkan Faktur Pajak, rekanan tentu saja kepingin fakturnya diterbitkan tepat waktu, sesuai dengan mereka membukukan transaksinya sebagai pendapatan dan piutang usaha, namun nyatanya gak smeduah itu ferguso. Kadang proses administrasi tagihan butuh waktu yang gak sebentar, karena ada dokumen-dokumen yang musti dilengkapi. Alhasil, gak bisa tepat waktu, sesuai kenyataan di lapangan. Ini yang bikin dilema, BUMN ya pinginnya faktur diterbitkan sesuai tanggal penagihan, karena kalo ngikut tanggal pelaksanaan yang udah berbulan-bulan yang lalu, bakal kena denda-lah kami, karena gak buruan nyetor pajaknya. Sedang dari sudut pandang rekanan, mereka udah terlanjut membukukan transaksi sebagai pendapatan di bulan yang bersangkutan tapi telat nagih yaampoon. Kalo mereka gak nerbitin faktur pajak di bulan tersebut, bakal ngaruh sama SPT Tahunan mereka, terus ngaruh sama PPh Pasal 25 dan lain sebagainya. Yah begitulah kawan, saya juga masih belajar.

Kepingin jadi staff yang expert gitu di satu bidang. Kalo pajak ya pajak. Soalnya ilmunya gak cuma dari satu PMK, banyak vroh. Kalo gak konsen, susah pahamnya. Sedang yang saya alami sekarang, gak cuma konsen di pajak, tapi juga di de-el-el yang bejibun. Begitulah kisanak. Lagi-lagi segala keputusan itu selalu mempertimbangkan kebutuhan. Belajar bisa sambil jalan, katanya. Kata siapa? Kata orang-orang yang kayaknya juga nggak belajar-belajar banget. 






Semangat menggapai rezeki dan ilmu dalam satu waktu ya lin!

Comments