A GIRL WHO WANTS TO SPEAK UP

2018 sudah terlewati, Alhamdulillah Allah masih kasih hidup buat aku, nengok 2019.
Gimana si 2018? B aja? Iya B, Beraaat.

Berat karena banyak dapet ujian. Allah sayang sama hambanya, makanya dikasih ujian. Tapi si hamba malah rese, suka ngeluh, ngga tau diri gitu pokoknya. Padahal doí lagi disayang lho, dikasih ujian, ditinggikan derajatnya. Semoga doí lekas paham, segala yang disuguhkan ini pasti ada hikmah yang bisa dipetik. Semoga doí bisa memilah, mana yang harus diperbaiki, mana yang harus ditinggalkan, mana yang harus dipertahankan, mana yang harus dirubah total. Semoga doí menyadari, sebaik-baik manusia adalah ia yang berharap hanya kepada Rabb penciptanya, bukan yang berharap pada sesama makhluk. Semoga ya.

Apa sih yang bikin 2018 mu berat?
Para manusia yang kerja di bidang keuangan pasti paham lah momok akhir tahun. Mungkin bagi sebagian manusia, akhir tahun identik dengan libur dan refreshing atau evaluasi atau apalah. But, rasaku nggak gitu. Dampak dari perubahan STO kerasa banget, aih apasih ini perubahan yang tidak melihat situasi dan kondisi, terlalu memaksakan, amburadul rasaku. Short story, aku ngambek sama si pembuat keputusan, bukan Allah, bukan. Si pembuat segala ini menjadi amburadul. Wait lin, kau pikir segala keputusan ini terjadi tanpa sepengetahuan Allah? Kalau segala ini buruk, pasti tak Allah biarkan. Oke lah, butuh mix and match besar-besaran, tapi yakin aja sih pasti bisa terlewati dengan dalih pembiasaan. Kamu bisa karena terbiasa to?

Kerjaan numpuk di akhir tahun, berasa sendiri ngerjain semuanya. Bukan berasa lagi sih, tapi emang sendiri. Kebayang gak bangun tidur sampe mau tidur mikirnya kerjaan terus, ngga ada secuil pun space buat mikir hal-hal menyenangkan dalam hidup. God, that was burden me a lot. Ditambah perilaku manusia di sekitarku yang punya misi masing-masing, berasa kami berada di kapal yang berbeda, padahal helloow kita ini kan satu kubu. Apasih maunya.

Yeah kesimpulannya mungkin overload kerjaan ya, dosa produktivitas, oke, aku mengaku kalo berdosa. Siapa sih manusia yang luput dari dosa? Well, aku pun punya banyak hal yang harus di evaluasi. Aih malas aku nyebutnya, udah kayak tabiat. Semua orang pasti udah tau kok Aline itu susah bangun pagi, telat kalo masuk kantor, rapuh hatinya, gampang nangis, lembek mentalnya, kaya anak kecil, tidak dewasa, kurang teliti, suka buru-buru, suka menyepelekan. Oh sebuah kritik untuk diriku sendiri. Tapi tau gak sih, Aline itu gak bisa liat temennya susah. Kalo minta bantuan lho pasti dibantu, kalo doí bisa sih. Seenggaknya meskipun ngambek, Aline ngga pernah mogok kerja, daya tahan tubuhnya bagus, sakit paling sakit kepala itu pun karena laper. Ngga ngeluh meskipun keyboardnya kecil ngga worth banget buat dijadiin keyboard perusahaan kelas dunia. Gakpapa dijalanin semuanya, karena tau itu kewajibannya.

But, tolonglah jangan dipendem. Kalo nggak sanggup bilang jangan malah bikin postingan di blog.

Ngomong-ngomong soal speak up karena merasa overload jobdesk, pernah ngalamin waktu masih kuliah dulu, lupadeh tahun berapa, tapi yang jelas kala itu, masih unyu-unyu, masih manut iyalah sekarang juga mash manut, terus lagi ada acara HDC di kampus, KSR zone ya haha. Dulu dilibatkan jadi pantia, meskipun masih hangat-hangat kuku, alias belum ngerti apa-apa, hahah bener ga sih peribahasanya. Pas masih jadi anggota, tahun pertama kuliah, yak seratus!

Momennya saat evalusi kegiatan, tapi bukan evaluasi final. Jadi kalo di KSR, tiap event yang penyelenggaraannya bukan cuma sehari, di waktu menuju hari  berikutnya, halah, kami ngadain evaluasi gitu, biar ga lupa salah-salanya apa dan maksimal acara besoknya. Apalah aku dan teman-teman seangkatanku kala itu, masih anggota, minim pengalaman, cupuk bangets. Tapi waow, ada temen seangkatanku, masih gadis dia, haha, speak up di depan para kakak tingkat. Dengan beraninya doí bilang kalo jobdesk do'i terlalu banyak, intinya doí keteteran gitu. Gak cuma ngadu, tapi doí juga ngejelasin tuh apa aja jobdesk nya, terus bagi doí, yang segitu tu kebanyakan porsinya untuk seonggok anggota yang belum tahu apa-apa macam kami. Oke baik, seumur hidup aku nganggep kelakuan atau keberanian doí ini cupu gaes, masa gitu aja ngeluh sih. Dan jobdesk ini merupakan sesuatu yang sangat relatif, mungkin baginya overload, tapi bagi sebagian orang termasuk aku, biasa aja gitu. Tapi doí berani speak up! Nggak takut dicibir.

Hingga akhirnya saat ini, aku merasa jauh tertinggal dari keberaniannya. Aku udah ngerasa overload kerjaan, tapi gak berani bilang. Diem-diem aja, berharap belas kasihan dari orang-orang, berharap si bos sadar sendiri kalo anak buahnya keteteran. Yaelah, ternyata sampe akhir tahunnya berakhir, terus sampe ganti tahun nih, tetep aja gak ada perubahan. Okelah, sekarang aku harus belajar untuk bisa terbuka, gak hanya pencapaian yang harus di share namun juga kesulitan. Bukan berarti kamu lemah, tapi supaya mengerti duduk perkaranya gimana, jalan keluar terbaik gimana. Manusia itu kadang pandangannya sempit, subjektifnya parah.

Belajar dari temenku yang speak up di depan kakak tingkat, sekarang aku akui doí hebat. Hebat banget, bisa jujur di depan khalayak. Gak sok tegar tapi dibelakang ngomongin dunia ini gak adil atau ngeluh sambat sana-sini. Ternyata speak up itu lebih terpuji dan tidak mempercundangi diri sendiri. Wujud selflove yang haqiqi. Mungkin sekarang saatnya speak up, tapi tetep butuh momen yang pas buat semua itu. Speak up ada tata kramanya. Dapat dipahami?

2019 lebih open minded and open hearted haha.
Semangat Aline!!!

Comments