Tips Alakadarnya dalam Menghadapi Data Kualitatif

Halo apa kabar final project?

Bisa dibilang ini adalah fase klimaks ngerjain Tugas Akhir :')
hemmmm. BAB IV menguras jiwa dan raga.

Yap, aku sedang berjuang menghadapi rentetan sub bab yang meronta-ronta supaya segera di isi. Beginilah nasib pemakai data kualitatif. Data kualitatif memang lebih mudah diperoleh dan ehem direkayasa, namun dalam konteks Tugas Akhir, data kualitatif memiliki tantangan tersendiri dalam penyajiannya. Tapi memang  setiap Tugas Akhir seenggak-enggaknya pasti make dah tu yang namanya data kualitatif. Nah yang aku alami sekarang adalah, nyusun Tugas Akhir full pake data kualitatif. Ngga ada angka-angkanya sama sekali, suer! Padahal nih ya, jurusan yang aku naungi, tak lain tak bukan adalah jurusan Akuntansi, pasti identik banget kan sama yang namanya angka. Duh-duh.

But, actually, aku suka kok sama materi Tugas Akhir yang aku ambil sekarang. Alhamdulillah.
Sedikit tips buat teman-teman, perlu diketahui bahwa dalam menyusun Tugas Akhir, syarat utamanya yaitu niat ingsun. Yang kedua yaitu kita musti suka sama materi yang kita ambil. Yah mungkin kalo terpaksanya ngga bisa ngambil materi yang kita suka, atau mungkin temen-temen nemu permasalahan yang menarik buanget, nanti juga lama-lama bakal suka sendiri sama materinya. Inget kan, wiwiting tresno jalaran seko raono sing liyo, eh kulino, hihi :D

Data kualitatif sebenernya punya daya pikat tersendiri bagi temen-temen yang memang kurang akrab dengan angka, seperti aku ini wakaka. Tapi namanya juga kualitatif pasti tetanggaan sama yang namanya 'subjektif'. Persepsi orang kadang beda-beda dalam menyikapi data jenis kualitatif ini. Beda dengan data kuantitatif yang jelas disajikan dalam bentuk angka dan satuan-satuan. Well, semua kembali ke pilihan masing-masing.

Banyak sebenernya dosen yang sudah kurang minat dengan materi Tugas Akhir yang aku ambil ini. Terlalu mainstream dan sederhana katanya. Apalah daya, aku memang menjunjung tinggi kesederhanaan wkwk. Tapiiii, syukur luar biasa, dosen pembimbing satuku dengan tulus ikhlas membubuhkan tanda tangan di atas form pengajuan judulku. Tinggal besok cari strategi biar dapet dosen penguji yang baik hati dan menganggap mahasiswanya seperti anak kandung sendiri :")

Tips terakhir buat temen-temen yang mau ambil data kualitatif, banyakin baca buku. Baca buku ya, bukan baca Tugas Akhir kakak tingkat. Semakin banyak kosakata yang kita serap dan semakin baik pemahaman materi yang kita usung, dijamin kesulitan bakal sedikit berkurang. Tetep Semangat yaw Aline!

Kalo sudah rajin baca, coba deh nulis blog biar keeps on going hehe. Ada pepatah yang bilang,
Motivation is what gets you started.
Habit is what keeps you going.

Sekian.


Comments