How to Make Bakwan Jagung


" Peribahasa yang paling saya sukai ketika lapar ialah ada jagung dibalik bakwan hehehe. "

Sebagai seorang mahasiswa yang tidak bisa memasak, berhasil membuat bakwan jagung adalah sebuah pencapaian yang sangat luar biasa. Yah, pencapain itu saya buat di tengah-tengah libur semester di bawah bimbingan ibu saya tentunya. Beliau adalah koki terhebat sepanjang masa versi Adora Aline Alfiana tentunya, hahaha.
Well, as my tribute to my loveable mom, saya memposting langkah-langkah pembuatan bakwan jagung yang super istimewa di blog ini hehe. Semoga dapat menginspirasi pembaca sekalian untuk lebih mencintai bakwan jagung. Percayalah ini tidak akan sulit.

Here we go, Bakwan Jagung...
Peralatan yang perlu teman-teman siapkan sangat mudah didapat. Bagi yang ngekos, bolehlah pinjem punya ibu kos sebentar. Cukup siapkan baskom, alat pengaduk, penggorengan, sendok sayur yang bentuknya cekung untuk cetakan, erok-erok emmm ngga tau bahasa Indonesianya apa -___- , dan peniris minyak, tau kan? 

Cara membuat adonannya cukup mudah, tinggal campurkan tepung terigu, jagung muda yang sudah di-preteli (dipisahkan dari tulangnya), eits jangan lupa pilih jagung yang manis ya, serta tak luput bumbu-bumbunya. Campur mereka semua dengan air secukupnya. Untuk bumbu, hmmm ini mudah sekali :D teman-teman silahkan tumbuk bawang putih beberapa siung dengan garam. Bumbu bakwan jagung terdiri dari garam dan bawang yang dihaluskan serta tambahkan sedikit penyedap rasa.

Ada banyak sekali cobaan yang saya dapatkan ketika membuat bakwan jagung. Salah satunya ialah saat harus mencicipi adonan mentah untuk memastikan rasanya sudah yahud atau belum. Hffff, ini sangat sulit temans. Cobaan yang lain datang ketika adonan masuk ke dalam minyak panas, alias saat digoreng. Duh bagi amatiran macam saya, menggoreng butuh keberanian ekstra, karena harus berhadapan dengan sesuatu yang sangat tidak familiar, yaitu minyak panas -__-

Saya punya sedikit tips agar tampilan bakwan jagung tidak mletot-mletot saat digoreng. Saat teman-teman menunggu minyak menjadi panas, masukkan sendok sayur yang cekung ke dalam minyak yang dipanasi tersebut. Yap, benar sekali, kita akan mencetak bakwan dengan menggunakan sendok sayur. Supaya adonan tidak menempel di sendok sayur, permukaan sendok sayur harus dipanasi terlebih dahulu. Setelah minyak dan sendok sayur sudah cukup panas, adonan siap digoreng.

Cara menggorengnya juga tidak boleh main-main. Adonan yang diletakkan di sendok sayur, biarkan terendam beberapa saat dalam minyak panas. Ingat ya temans, terendam. Setelah dirasa cukup, lepas pelan-pelan adonan dari sendok sayur, sehingga terciptalah bentuk bakwan yang rapi dan memikat hati, hehehe. Goreng bakwan sampai benar-benar matang dan tiriskan. Bakwan jagung siap disajikan untuk keluarga tersayang. 

It’s easy, with no doubt! :D

Teman, bagi yang baru belajar memasak, seperti saya ini, ingatlah selalu untuk membuang jauh-jauh keraguan. Practice makes perfect, right? 

Well, selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 


Comments

Post a Comment