Pingsan oh pingsan

Semangat pagi !!!
Halo temaaans :)
Still on ? hehe
pada postingan kali ini, akan saya gunakan untuk membahas materi kepalangmerahan. Ciyeee.
Sudah sudaaah, langsung to the point sajalah hehehe.

Nah materi yang satu ini cukup simpel tapi paling sering 'dipakai' dalam penanganan korban.
pisang eh pingsan. Iya, pingsan :D
Adakah di sini yang belum pernah ngeliat orang pingsan ? Kalo ada, saya jamin hidup anda kurang piknik -_-
Right guys, pingsan bisa terjadi dimana-mana. Yang paling sering sih di lapangan upacara, atau kalo nggak di antrean pembagian sembako gratis. Emmm ada lagi, di TV. Iya, di acara yang macam ftv ftv itu lhoooo. Tau kan ya ? hehehehe :D

Sudah sudaaah jangan ngelantur ~
pingsan sebenernya terjadi karena beberapa faktor, antara lain kepanasan, kelelahan dan yang paling kasihan adalah gara-gara kelaperan. Duhdeeek.
Tapi ini fakta lho. Banyak yang bilang, pingsan itu ibarat kita dalam kondisi setengah mati. Kok bisa ? Iyalah. Korban tidak sadarkan diri, tapi juga nggak bisa disebut mati, hehehe. 
Tanda-tanda atau ciri-ciri umum orang yang hendak pingsan ialah (1) pucat, (2) sianosis, yaitu adanya tanda kebiruan karena kurangnya o2 ke otak (biasanya terjadi di bibir atau telinga gitu). Eits, ini tanda-tanda yang tampak dari luar lho ya. Jadi yang bisa merasakan atau melihat tanda-tanda tersebut bukan si korban, melainkan orang lain.
Lantas yang dirasakan si korban apa ?
Menurut curhatan temen-temen yang pernah pingsan, mereka biasanya merasa mual dan pusing. Ada keringat dingin yang keluar, mata berkunang-kunang dan akhirnya bruuk! jatuh cintalah mereka, hehehe. 


Sedangkan untuk penanganan korban pingsan sendiri cukup mudah tapi juga cukup berat. Kok gitu ? iya berat banget ngangkut korbannya. hehehe
Apabila kita melihat ada korban pingsan yang sudah bener-bener pingsan alias ambruk, yang harus kita lakukan adalah :
1.  pindahkan korban ke tempat yang teduh, aman, dan jangan dikerubungi. Nah ininih yang sering kejadian kalo ada koraban pingsan, semua panik, kepo dan akhirnya gembruduk pada ngrubung. Aduhdek ini korban bukan tontonan. Korban pingsan butuh asupan udara segar yang banyak, jadi mengerubungi merupakan salah satu penghambat penanganan. Ini penting banget guyyys ~
2. posisikan korban di tempat yang datar dan tinggikan kaki korban 20-30 cm, dikira2 aja guys, ngga usah bawa-bawa penggaris -_- meninggikan kaki tujuannya adalah untuk memperlancar peredaran darah ke otak.
3. Kendurkan semua bagian yang mengikat korban. Yang dimaksudkan bagian yang mengikat di sini seperti ikat pinggang, kancing baju, dasi, jilbab, dan lain-lain. Inget lho ya, dikendurkan doang, bukan dilepas semuanya, hehehe.
4. Apabila korban menunjukkan tanda-tanda ingin muntah, posisikan kepala korban menghadap ke samping, supaya muntahannya tidak terhambat.
5. Sadarkan korban dengan memberi wangi-wangian yang menyengat, seperti minyak kayu putih, balsem, dll. Ingat ya cukup dekatkan botolnya saja ke hidung korban, tidak perlu dioleskan. 
6. Apabila wangi-wangian tidak berfungsi, kita bisa memakai respon nyeri untuk menyadarkan korban.
7. Yang terakhir adalah apabila korban sudah sadar, berikan minum yang manis-manis seperti teh hangat, dll. Tapi apabila korban menderita diabetes, beri minum hangat saja.

Lantas gimana kalo step-step di atas sudah dilakukan dengan runtut dan benar namun korbannya ndableg ngga sadar-sadar ? 
Hehehe jangan frustasi dulu guys. Kita sudah melakukan yang terbaik, namun jika memang korban tidak kunjung sadar, hal yang harus dilakukan ialah hubungi pelayanan medis terdekat. Supaya korban mendapat penanganan lebih lanjut.

Nah, sebagai penolong yang baik, kita musti 'peka' terhadap tanda-tanda atau sinyal-sinyal pingsan yang korban sudah pancarkan. Dan sebagai korban yang 'pangerten' jika sudah merasakan tanda-tanda akan pingsan dan drop,  alangkah lebih baik segera lambaikan tangan ke kamera, istirahatkan tubuh dan hubungi petugas p3k terdekat. 

Well guys, itu tadi sedikit pembahasan mengenai seluk beluk pingsan. Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan dengan baik dan benar ^^
Semangat pagi !!!


Comments

Post a Comment