Manfaat Tertawa Bagi Tubuh



Tertawa merupakan kegiatan yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Saat mendengarkan atau melihat sesuatu yang lucu, menggembirakan atau mendengar kabar baik, salah satu hal spontan yang akan kita lakukan ialah tertawa. Kita telah terbiasa tertawa sejak masih di usia dini. Saat beranjak dewasa hingga tua pun tertawa tetap menjadi kebiasaan di saat mendengar hal lucu. Cara manusia tertawa pun berbeda-beda. Hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh struktur wajah dan seberapa lucu atau membahagiakannya kabar atau sesuatu yang menjadi penyebab tawa. Namun di sisi lain, tertawa sebagai bagian dari penyampaian perasaan manusia memiliki suatu misteri universal. Bukti sangat kuat menunjukkan bahwa tertawa baik untuk kesehatan kita
Dengan tertawa, otak menekan kita untuk melakukan dua hal yang simultan. Pertama adalah visual, yang terdiri dari gerakan muka khusus. Kedua adalah phonic yang mengeluarkan bunyi tertentu. Selama tertawa, ada banyak perubahan dalam banyak bagian tubuh termasuk tangan, kaki dan otot. Tertawa membantu melepaskan emosi dan ketegangan. Orang sering menyimpan emosi daripada mengeluarkannya saat marah, takut, sedih, stres, atau bosan. Tertawa merupakan cara lain untuk menemukan jalan keluar dari ketegangan. Itulah mengapa orang stress pergi menonton film lucu atau pertunjukkan komedi. Lima belas otot muka berkontraksi dan terdapat rangsangan elektrik pada sebagian besar otot mulut. Dalam keadaan tertentu, pembuluh air mata terangsang, sehingga selagi mulut terbuka dan tertutup ada suatu dorongan untuk menghisap udara yang cukup, sehingga muka memerah dan mata berair.

Selain itu, tertawa juga menimbulkan beberapa dampak psikologis bagi tubuh manusia. Berikut dampak psikologi tertawa pada tubuh :

  1. Mengurangi stress
Tertawa nampak akan mengurangi tingkat stress tertentu dan menumbuhkan hormon. Hormon stress akan menekan system kekebalan, sehingga meningkatkan jumlah platelet (sesuatu yang menyebabkan gangguan dalam arteri) dan meningkatkan tekanan darah.

  1. Meningkatkan kekebalan
Tertawa akan meningkatkan sistem kekebalan. Tertawa pada dasarnya akan membawa keseimbangan pada semua komponen dalam sistem kekebalan.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Tertawa akan meningkatkan aliran darah dan oksigen dalam darah, yang dapat membantu pernapasan.

  1. Mencegah penyakit
Ada suatu alasan yang dipercayai bahwa tertawa akan membantu mencegah penyakit misalnya, gagal jantung. Marah dan takut adalah dua emosi yang biasa menjadi penyebab serangan jantung.

  1. Obat alami bagi tubuh
    Ketika tertawa, tubuh akan mengeluarkan serotonin, endorfin, dan senyawa yang dapat mengurangi rasa sakit. Ketiga senyawa ini dapat mendorong anda untuk selalu berpikiran positif dan bisa dijadikan sebagai obat alami bagi tubuh.

Ternyata kegiatan kecil seperti tertawa, membawa efek yang luar biasa pada kesahatan tubuh dan psikologis manusia. Kita bisa mengurangi resiko terkena penyakit dan stress dengan tertawa. untuk melakukannya pun tidak terlalu sulit. Hanya dengan menjadikan diri kita lebih mudah menerima candaan atau hal-hal lucu lain, bisa dipastikan kita akan sering tertawa. Selain itu, saat tertawa wajah kita akan tampak lebih segar dan tubuh pun akan merespon secara positif. Untuk itu kurangilah cemberut dan perbanyaklah tertawa.

Comments