Prinsip-Prinsip Akuntansi


Assalamu’alaikum ^^

Accounting Lovers, kali ini saya akan mempostingkan materi tentang Prinsip-Prinsip Akuntansi. Sebagai calon akuntan yang baik dan benar, kita harus mengetahui sekaligus memahami hal-hal apa saja yang dijadikan prinsip dalam kegiatan akuntansi.
Okay, to the point :D       Check This Out Guys >>>
Seperti yang teman-teman ketahui, Akuntansi merupakan proses penentu, pengikhtisaran dan komunikasi ekonomi. Prinsip-prinsip akuntansi merupakan konsep dasar / anggapan dasar yang digunakan sebagai pedoman pengukuran nilai dalam pelaksanaan kegiatan akuntansi. Prinsip tersebut yaitu :

1.  Kesatuan Akuntansi
Anggapan dasar bahwa perusahaan merupakan suatu kesatuan ekonomi yang berdiri sendiri, terpisah antara milik pribadi dan milik perusahaan.

2.  Kesinambungan
Konsep ini menganggap bahwa perusahaan didirikan untuk jangka waktu yang tidak terbatas. Perusahaan berdiri dan berjalan secara terus menerus (kesinambungan), tidak dibubarkan.

3.  Periode Akuntansi
Perusahaan dalam menjalankan usahanya dibagi menjadi periode-periode. Setiap periode umumnya dimulai tanggal 1 Januari dan berakhir tanggal 31 Desember (1 tahun). Dengan demikian, proses akuntansi akan menghasilkan laporan keuangan periodik satu kali dalam setahun.

4.  Pengukuran dalam Nilai Uang
Seluruh kekayaan, hutang, maupun modal perusahaan dinilai dalam satuan uang, karena uang merupakan alat pertukaran yang universal dalam perekonomian. 

5.  Harga Pertukaran
Akuntansi menganggap harga pertukaran pada saat terjadi transaksi merupakan harga yang ditentukan secara objektif dan harus didukung dengan bukti transaksi yang sah.

6.  Penetapan Beban dan Penghasilan
Penentuan laba dilakukan secara periodik dengan dasar waktu atau dasar akrual (accrual basic). Artinya dalam penetapan beban maupun penghasilan tidak hanya berdasarkan jumlah penerimaan dan pengeluaran (kas), namun juga berdasarkan lewatnya waktu yang terkait dengan penerimaan dan pengeluaran kas tersebut.

Okay, teman-teman ..
Itulah sekilas pembahasan mengenai prinsip-prinsip Akuntansi.
Semoga bermanfaat bagi kita semua ^^

Comments