Pemakai Informasi Akuntansi


Assalamu’alaikum ^^

Accounting Lovers, kita move on lebih jauh lagi untuk bisa lebih memahami Akuntansi. Setelah kemarin kita membahas perihal Akuntan alias pelaku pemroses data transaksi keuangan, kali ini kita akan membahas pemakai informasi Akuntansi.
Siapa mereka ? dan apa tujuan mereka memakai informasi Akuntansi ?
Temukan jawabannya sesaat lagi :D

Informasi Akuntansi adalah data transaksi keuangan perusahaan untuk suatu periode tertentu yang disajikan dalam bentuk laporan keuangan (Financial Statement). Laporan keuangan suatu perusahaan pada dasarnya terdiri atas Laporan Neraca yang berisi informasi mengenai keadaan keuangan perusahaan, dan laporan laba rugi yang menggambarkan kegiatan usaha serta hasil yang diperoleh perusahaan.
Oleh karena itu, laporan keuangan merupakan media komunikasi antara kegiatan usaha perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan atas posisi keuangan dan perkembangan perusahaan. Pihak-pihak tersebut yaitu :

1.  Pimpinan Perusahaan (manajemen)
Laporan keuangan bagi pimpinan perusahaan berfungsi sebagai :
a)    Bukti pertanggungjawaban terhadap pemilik perusahaan atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk mengelola perusahaan.
b)   Alat penilaian atas pelaksanaan perusahaan.
c) Dasar pembuatan pertimbangan-pertimbangan dalam penetapan perencanaan perusahaan di masa medatang.

2.  Pemilik Perusahaan
Bagi pemilik perusahaan, laporan keuangan berfungsi sebagai alat penilaian atas hasil yang dicapai perusahaannya dan sekaligus sebagai dasar perkiraan keuntungan yang akan diterima perusahaannya di masa yang akan datang.

3.  Kreditor atau Calon Kreditor
Kreditor adalah pihak yang memberikan pinjaman kepada perusahaan baik dalam bentuk uang atau benda lain. Laporan keuangan digunakan kreditor sebagai dasar pertimbangan dalam memberikan kredit pada suatu perusahaan. Melalui laporan keuangan, calon kreditor dapat mengetahui apakah perusahaan yang bersangkutan mampu mengembalikan pinjamannya pada waktu yang telah ditentukan. Kreditor akan memberikan pinjaman pada perusahaan yang memiliki kondisi usaha dan prospek yang baik.

4.  Investor atau Calon Investor
Investor ialah orang atau badan yang menanamkan modal pada suatu perusahaan. Kemampuan suatu perusahaan untuk memperoleh keuntungan dan mempertahankan kestabilan usahanya dapat diketahui dari hasil analisis laporan keuangannya. Oleh karena itu baik investor maupun calon investor menggunakan laporan keuangan sebagai dasar penentukan pilihan yang menguntungkan dalam melakukan investasi.

5.  Instansi Pemerintah
Instansi atau badan-badan pemerintah tertentu berkepentingan terhadap laporan keuangan perusahaan. Misalnya Kantor Pelayanan Pajak (KPP) menggunakan laporan keuangan sebagai dasar penentuan pajak penghasilan yang menjadi tanggungan perusahaan. Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggunakan laporan keuangan perusahaan untuk kepentingan data statistik, dan masih banyak lagi.

6.  Karyawan
Melalui laporan keuangan, karyawan dapat mengetahui potensi perusahaan tempat mereka bekerja dalam memberikan upah dan jaminan sosial lainnya. 

So guys, dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa informasi akuntansi bagi pihak manapun digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam mengambil keputusan yang sesuai dengan kepentingannya.

That’s all for now ^^

Semoga bermanfaat bagi kita semua :D

Comments