Definisi Akuntansi


Assalamu’alaikum ^^

Pembaca yang budiman, jika di postingan saya sebelumnya, sudah dibahas mengenai bukti transaksi keuangan , maka kali ini saya akan memposting mengenai Dasar-Dasar Akuntansi. Sedikit terlambat memang, tapi ada pepatah bilang Lebih Baik Terlambat daripada Tidak Sama Sekali, hehehe *ngeles*
Okay, don’t waste our time :)

Kita mulai dari hal yang paling dasar, yaitu pengertian akuntansi.
Di kalangan masyarakat umum, akuntansi sering diidentikkan dengan kegiatan yang berkutat dengan penghitungan uang dan sejenisnya. Sebelum saya mempelajari akuntansi, yang terbayang di benak saya juga sama seperti kebanyakan orang, hehehe .. Eits, tapi pengertian kami itu memang tidak sepenuhnya salah :D Akuntansi memang tercipta untuk memproses setiap transaksi keuangan yang dilakukan perusahaan. Namun apa pengertian akuntansi yang sesungguhnya ?

Karena dewasa ini kegiatan Akuntansi semakin berkembang, ada beberapa definisi mengenai Akuntansi, tergantung dari sudut pandang dan penekanannya.
Check this out >>>>

American Accounting Association mendefinisikan Akuntansi sebagai proses identifikasi, pengukuran dan komunikasi informasi ekonomi untuk memungkinkan pembuatan pertimbangan-pertimbangan dan keputusan-keputusan oleh para pemakai informasi tersebut.
 
Dipandang dari sudut fungsi atau kegunaannya, Akuntansi merupakan aktivitas jasa yang menyediakan informasi penting untuk penilaian jalannya perusahaan, sehingga memungkinkan pimpinan (manajemen) perusahaan atau pihak-pihak di luar perusahaan membuat pertimbangan-pertimbangan dan mengambil keputusan yang tepat. 

Dipandang dari sudut kegiatannya (prosesnya), Akuntansi adalah suatu proses yang meliputi identifikasi, pengukuran dan penyampaian informasi ekonomi.
 
Dari beberap definisi di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya. 

Informasi ekonomi yang dihasilkan dari proses akuntansi merupakan ikhtisar data transaksi keuangan perusahaan yang terjadi selama satu periode akuntansi tertentu. Oleh karena itu, sasaran (objek) kegiatan akuntansi adalah transaksi yang bersifat finansial (keuanagan), atau transaksi yang pengaruhnya dapat diukur dengan satuan uang. 

Sedangkan fungsi akuntansi sendiri ialah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan suatu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.

Well guys, cukup sekian postingan kali ini ..
Semoga bermanfaat bagi kita semua ^^

Comments