Analisis Bukti Transaksi


Assalamu’alaikum ^^
Hola Accounting Lovers ..
Pada postingan kali ini saya akan melanjutkan membahas tentang bukti transaksi :D
Nah, seperti yang kita ketahui bersama, transaksi keuangan perusahaan harus diikuti dengan bukti transaksi yang valid agar transaksi tersebut dapat di catat ke dalam jurnal.
But, bagaimana kita bisa tau mana bukti yang valid dan mana bukti yang boong-boongan alias tidak valid ?
It’s so easy guys :D
Ada beberapa langkah yang bisa kita tempuh untuk menganalisa keabsahan atau kevalid-an bukti transaksi. Check this out :
1.      Identifikasi (penentuan) keabsahan fisik bukti transaksi, artinya menentukan pihak mana yang mengeluarkan (intern atau ekstern) serta meneliti kebenaran identitas fisik bukti transaksi yang bersangkutan.
Pada tahap ini, kita harus menganalisis bukti transaksi secara fisik. Bukti transaksi yang baik dan benar biasanya mencakup komponen-komponen berikut ini :
Nomor bukti transaksi.
Tanggal terjadinya transaksi.
Terdapat identitas pihak pembayar dan pihak penerima.
Keterangan untuk apa transaksi tersebut dibuat.
Kalkulasi atau perhitungan nilai uang.
Nama terang, tanda tangan, atau cap sebagai tanda keaslian bukti.

2.      Identifikasi transaksi (transaksi apa) dan meneliti apakah transaksi dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan yaitu dengan meneliti tanda tangan pihak-pihak yang terkait dengan terjadinya transaksi yang bersangkutan.

3.      Menentukan kebenaran penghitungan nilai uang yaitu dengan meneliti penghitungan yang dilakukan dan kebenaran penerapan metode yang digunakan serta peraturan perpajakan yang berlaku (jika transaksi terkait dengan metode dan peraturan perpajakan).

Itu tadi tahap-tahap yang bisa kita lakukan untuk meneliti keabsahan suatu bukti. Mudah, cepat dan tepat kawan :D
Sebagai calon akuntan yang baik dan benar, tidak ada salahnya kita menerapkan langkah-langkah di atas dalam setiap latihan mengentry jurnal, hehehe
Okay guys, cukup sekian postingan saya kali ini
Semoga bermanfaat untuk kita semua ..
Wassalamu’alaikum ^^

Comments